Rabu, 13 November 2013

Tulisan pengantar bisnis 1

Media sosial dan bisnis online di Indonesia

Pendahuluan

 Di zaman sekarang, sulit sekali mencari pekerjaan. Ingin usaha sendiri tetapi modal tak mencukupi. Dalam tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang bisnis yang tepat, nyaman dan efisien untuk masa sekarang ini yaitu bisnis online. Bisnis online makin diminati di Indonesia dikarenakan semakin berkembangnya situs jejaring social atau media social turut meningkatkan prospek kegiatan jual-beli online di Indonesia. Ditulisan saya ini saya akan mengupas semua tentang bisnis online, kekurangan dan kelebihannya dalam menjalankan bisnis online tersebut. Bisnis Online adalah bisnis yang dijalankan secara online di internet (e-commerce). Prinsipnya sama seperti menjalankan bisnis offline, ada produk, ada jasa, ada nilai tambah yang perlu dijual agar bisa menghasilkan uang. Tapi bedanya, bisnisnya dijalankan secara online di internet. Pemasaran dilakukan melalui internet dan pembelinya didapat melalui internet juga.

 Isi

Semakin berkembang pesatnya tekhnologi dan media sosial di Indonesia, membuka peluang yang besar bagi para pebisnis terutama para pebisnis di bidang barang dan jasa untuk memperkenalkan dan memasarkan produk mereka kepada publik melalui media sosial. Seperti yang kita ketahui, belakangan ini semakin banyak media sosial yang beredar dan sangat digangdrungi oleh segala kalangan, terutama anak muda hingga orang dewasa. Media sosial yang pertama kalo booming adalah facebook. Awalnya ini hanya digunakan sebagai profile online dari seseorang yang dapat menuliskan tanggal lahir mereka, dimana mereka tinggal, dimana mereka bersekolah, untuk mengunggah foto-foto dan menandai foto tersebut dengan teman mereka yang mempunyai facebook juga, dan masih banyak fitur-fitur lainnya yang semakin memperlengkap profile online tersebut. Namun semakin berkembangnya fitur-fitur di media sosial tersebut, sepertinya membuat para pebisnis berfikir bahwa mereka mendapatkan peluang yang baik untuk memulai/melebarkan sayap perbisnisan mereka secara online. Mereka dapat mencantumkan nama perusahaan mereka di facebook agar orang-orang yang melihat profile tersebut tahu apakah nama perusaan tersebut dan menjabarkan, mempromosikan, dan menjual barang atau jasa apa yang mereka pasarkan sehingga orang-orang yang berminat untuk membeli tidak perlu mendatangi tempat/kantor dari perusahaan online tersebut. Si pembeli hanyak browsing, memilih, memesan, mentransfer pembayaran dan menunggu untuk barang tersebut sampai ke tempat mereka melalui jasa ekspedisi. Sangat simple bukan? Dan semakin kesini, perkembangan media sosial sangatlah pesat seperti twitter yang berisi tulisan dari apa yang kita alami/rasakan dan dapat juga mengunggah foto, twitter dapat di akses oleh siapapun yang memiliki akun twitter dengan melihat timeline yang dituju. Satu lagi media sosial yang tidak kalah booming nya bagi para pelaku bisnis, yaitu Instagram. Media sosial yang hanya dapat diakses melalui android, iOS, dan web ini hanya dapat mengunggah foto ke dalam akun kita dan memberikan judul/penjelasan tentang foto yang kita unggah tersebut. Media sosial ini juga dapat di akses oleh siapapun yang dapat mempunyai aplikasi dan akun instagram di smartphone/tab mereka dan yang sedang membuka media sosial ini di web. Para pengguna instagram dapat memberikan komentar dan tanda suka terhadap foto yang mereka lihat. Fitur media sosial seperti ini sangat menguntungkan bagi para pebisnis barang dan jasa karena media sosial ini lebih simple dan sangat sedang diminati oleh hampir seluruh pengguna smartphone dan tab di dunia, sehingga sangat banyak pebisnis barang dan jasa yang menggunakan media sosial ini sebagai media sosial yang paling efektif untuk menjual barang dan jasa yang mereka pasarkan untuk dapat lebih mudah di lihat oleh para konsumen. 
Bisnis online saat ini sangatlah menguntungkan bagi para pebisnis yang mempunyai modal minimum, karena mereka tidak perlu membayar biaya sewa/harga beli tempat untuk memasarkan barang dan jasa mereka. Mereka hanya perlu mempunyai web untuk perusahaan mereka, mempunyai smartphone/tab untuk memiliki akun instagram, mencantumkan nama perusahaan, contact yang dapat dihubungi, prosedur memesan dan pembayaran, mengunggah foto produk mereka, mencari followers sebanyak-banyaknya sebagai calon konsumen dari produk yang mereka pasarkan, lalu ketika para konsumen memesan produk mereka, mereka hanya perlu menunggu bayaran dari konsumen melalui rekening, setelah bayaran masuk mereka mengemas pesanan dengan rapih untuk diantar ke jasa ekspedisi untuk dikirim ke alamat pemesan. 

Kesimpulan

Bisnis online cukup mudah dan hemat bukan? tetapi tetap mendatangkan keuntungan bagi para pebisnis. Tak ayal banyak para pebisnis atau bukan yang mencoba bisnis online sebagai pekerjaan primer mereka maupun sekunder. Tapi bukan berarti bisnis online tidak memiliki resiko dan rasa lelah, bisnis online tetap memiliki resiko apabila sewaktu-waktu ada konsumen yang hanya ingin menipu ataupun berniat negatif terhadap produk mereka. Rasa lelah pun pasti ada ketika mereka mengemas barang-barang yg membludak dipesan, ketika mereka harus melayani para konsumen via contact handphone maupun e-mail yang membludak sehingga mereka harus begadang untuk memblasnya, dan masih banyak lagi. Menurut saya, orang/pebisnis yang melakukan bisnis online haruslah betul-betul siap untuk segala konsekwensi tidak hanya setengah-setengah menjalaninya dan semangatnya untuk berbisnis tidak boleh hanya membara di awalnya saja namun seiring berjalannya waktu semangat mereka memudar sehingga membuat bisnis online tersebut gulung tikar. Jadi, bisnis online dapat menjadi bisnis yang sangat sukses namun simple, hemat, dan sangat menguntungkan namun apabila hanya setengah hati menjalankannya, akan menjadi bisnis yang sangat stagnan tanpa keuntungan yang didapat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar