1.
JELASKAN
BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA)
UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI
A.Mempunya modal yang memadai
B.Mempunyai tenaga kerja yang cukup ahli
C.Mempunya
ide dan method
2.
BERILAH MASING –
MASING SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN
BERDASARKAN LETAK/TEMPAT
· Letak Perusahaan yang Terikat Pada
Alam
Letak
perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam, jadi tidak dapat
ditentukan oleh manusia; misalkan, usaha pertanian dan pertambangan.
· . Letak Perusahaan Berdasarkan
Sejarahnya
Letak
perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah di lokasi itu.
Misalkan kerjainan batik di daerah Surakarta dan Yogyakarta, hal ini disebabkan
dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam Kraton di kedua kota itu.
· Letak Perusahaan yang Ditetapkan oleh
Pemerintah
Dalam hal
ini pemerintahlah yang menentukan dimana perusahaan harus menjalankan
aktivitasnya. Hal ini agar masyarakat di sekitar lokasi itu tidak merasa
terganggu karena adanya perusahaan tersebut. Misalnya, pabrik senjata/amunisi,
peternakan babi, dan pabrik obat-obatan.
· Letak Perusahaan yang Dipengaruhi oleh
Faktor-faktor Ekonomi
Jenis
perusahaan ini bersifat industri. Di sini ada bebarapa faktor yang perlu
diperhatikan dalam menentukan letak perusahaan :
- Dekat dengan bahan baku
Contoh :
pabrik gula, pabrik semen.
- Dekat dengan pasar
Di sini
perusahaan sedekat mungkin dengan pasar atau konsumen.
Contoh :
pabrik roti (Bakery), rumah makan dan juga perusahaan jasa seperti
Bank/Asuransi.
- Dekat dengan pemasuk tenaga kerja
Bagi
perusahaan yang banyak membutuhkan tenaga kerja bukan ahli, cenderung memperhatikan
agar dekat dengan tenaga kerja tersebut.
Contoh :
pabrik rokok, pabrik kembang gula.
- Dekat dengan penyedia sumber tenaga/energi
Contoh :
pabrik peleburan bijih besi, aluminium dan baja.
- I k l i m
Suatu
perusahaan seringkali membutuhkan adanya iklim dan pengaturan suhu udara yang
tertentu.
Contoh :
pabrik the, pemintalan kapas, industri jamur.
- Ongkos Transport
Misalkan
pabrik mobil, sangat membutuhkan lancarnya transportasi. Apabila jalan-jalan
yang akan dilalui produk perusahaan ke konsumen sudah baik, maka diharapkan
ongkos transportnya juga akan menjadi rendah.
- Besarnya suplai modal
Perusahaan
yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya, cenderung akan memilih
tempat dimana penananman modal cukup besar disertai tingkat bunga yang cukup
rendah.
3.
SEBUTKAN DAN
JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN
- Tujuan ekonomis
Berkenaan
dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh
: Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga,
kuantitas, pelanggan (inovatif).
· Tujuan social
Perusahaan
memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, factor-faktor produksi,
maupun masyarakat luas.
4.
JELASKAN APA YG
DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL DAN
EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN
·
Lingkungan
Eksternal
Lingkungan
eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan
perusaan.
·
Lingkungan
Internal
Faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi
hasil produksi.
Contoh
:
- Tenaga kerja
- Peralatan dan mesin
- Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
- Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
5.
APLIKASIKAN
SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL DAN
EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN
a. Ekologi : pencemaran
udara,air,sampah
b. Ekonomi :
urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak
c.
Sosial :
kriminalitas,pengangguran
d. Politik
: pertahanan keamanan
6.
JELASKAN
PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER ORIENTED APPROACH
- Producer oriented approach adalah dalam penjualan pasar produsen sebagai pengendali utamanya (orientasi produsen)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar