Kamis, 24 Oktober 2013

Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-4



1.SEBUTKAN PERBEDAAN WIRASWASTA DAN WIRASWASTAWAN SERTA UNSUR APA YG DIMILIKI WIRASWASTA!

a. Kewiraswastaan

(Enterpreneurship) adalah kemampuan dan kemauan seseorang untuk beresiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil. Melalui upaya yang dijalankannya, yang bersangkutan merencanakan dan mengharapkan kompensasi dalam bentuk keuntungan di samping juga kepuasan. Bidang usaha atau perusahaan yang di bangun oleh seseorang dengan kepribadian tertentu ( wiraswastawan/entrepreneur) sebagai alternative penyediaan lapangan kerja, minimal bagi si pemilik modal itu, kita sebut wiraswasta.

b. Wiraswasta

Pengertian wiraswastawan menunjuk kepada pribadi tertentu yang secara kualitatif lebih dari kebanyakan manusia pada umumnya, yaitu pribadi yang memiliki kemampuan untuk :

· Berdiri di atas kekuatan sendiri

· Mengambil keputusan untuk diri sendiri

· Menetapkan tujuan atas dasar pertimbangannya sendiri

· Mengambil resiko

· Tegasa

· Memperhatikan lingkungan sosial untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik bagi semua orang



c. Peranan wiraswastawan

· Memimpin usaha secara teknis maupun ekonomis dengan berbagai aspek fungsional

· Mencari keuntungan bisnis

· Membawa perusahaan ke arah kemampuan

· Memperkenalkan hasil produksi baru

· Memperkenalkan cara produksi yang lebih maju

· Membuka pasar

· Merebut sumber bahan mentah maupun bahan setengah jadi

· Melaksanakan bentuk organisasi perusahaan yang baru



§ Unsur penting wiraswasta

Dalam wiraswasta ada beberapa unsur penting yang satu sama lainnya saling terkait. Unsur-unsur tersebut adalah :

Ø Unsur pengetahuan mencirikan tingkat penalaran yang dimiliki seseorang. Pada umumnya unsur pengetahuan banyak ditentukan oleh tingkat pendidikan orang bersangkutan.

Ø Unsur keterampilan pada umumnya di peroleh melalui latihan dan pengalaman kerja nyata. Wiraswastawan yang dilengkapi keterampilan tinggi akan mempunyai keberhasilan yang lebih tinggi.

Ø Unsur kewaspadaan merupakan paduan unsur pengetahuan dan sikap mental dalam menghadapi keadaan yang akan datang. Kewaspadaan berkaitan dengan pemikiran atau rencana tindakan untuk menghadapi sesuatu yang mungkin terjadi atau diduga yang akan dialami. Perusahaan kecil dalam lingkungan perusahaan.

2.BAGAIMANA PERKEMBANGAN FRANCHISING DI INDONESIA

SEARCHING DI INTERNET!

Waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba adalah "Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.



3.BERI 5 CONTOH RIIL USAHA FRANCHISING YG BERGERAK DI BIDANG!

- PENDIDIKAN

- KESEHATAN

- SALON & PERAWATAN

- MAKANAN DALAM NEGERI /LOKAL

- OTOMOTIF

Jawab :
  1. PENDIDIKAN : Jari Hitung Cepat Indonesia, SALEMBA, IBSC TV Presenter, IIAM, I-Tutor, Mindlab, LP3T Nurul Fikri.
  2. KESEHATAN : Kimia Farma, Apotek K-24, Rebel Gym, Century Health Care, Sinergi Fitness Center. 
  3. SALON & PERAWATAN : Meji Mejiku Nail Salon, Aesthedica Skin Care, Pure Beauty Care, VZ Skincare, Mustika Ratu. 
  4. MAKANAN DALAM NEGERI /LOKAL : DOKAR (Donat Bakar), Tahu Kress, Bola Ubi Madoo, Bakmi Gil, Mr Martabak Indonesia, Super Sub. 
  5. OTOMOTIF : CheapNClean, Auto Bridal, Cling Car Care & Car Wash, Fast & Drive, Shop & Drive, Raja Motor.

4.JELASKAN PERBEDAAN KEWIRA USAHAAN DENGAN BISNIS KECIL DENGAN CONTOH KASUS YG NYATA!
Jawab :
Kewirausahaan adalah pelaku bisnis yang menerima resiko maupun peluang karena menciptakan dan mengoperasikan bisnis baru.

Bisnis kecil adalah bisnis yang dimiliki dan dikelola secara mandiri yang tidak mendominasi pasarnya.

Contoh nyata : Sebuah kasus bisnis yang nyata, bagaimana dua orang yang berlatar belakang bukan dari IT / computer, mampu menghasilkan 30-50 juta/bulan dari internet. Benar-benar kasus bisnis yang unique. Ini nyata, biasanya orang yang tidak berkecimpung di dunia internet marketing, menganggap hal ini masih tabu. Bahwa dikiranya berbisnis lewat internet hanyalah bisnis tipu menipu, padahal kenyataanya tidak lah begitu. Mungkin untuk di Indonesia sendiri, berbisnis lewat internet masih merupakan hal yang dianggap aneh, bagaimana orang bisa langsung percaya pada orang yang baru dikenalnya lewat internet dan langsung memberikan uang mereka disana. Padahal tidak se-simple itu, berbisnis di internet sama saja dengan berbisnis konvensional seperti biasa. Hanya saja mediasinya dilakukan lewat internet. Dua orang tersebut adalah para pembuat produk informasi terkenal asal indonesia. Yang pertama adalah Joko Susilo, di Indonesia sendiri Joko Susilo mampu menguasai pasar Indonesia dengan meraup keuntungan lebih dari 3 milliar sampai saat ini. Hanya dari internet. Yang kedua adalah Welly Mulia, pria berkebangsaan Indonesia Raya ini juga merupakan information product maker yang taringnya kelihatan sampai ke luar negeri. Ciri khas produk Welly adalah produknya lebih mengarah pada praktis, tetapi tanpa mengabaikan hal-hal yang bersifat konsep utama. Sehingga kalau kita membaca ebooknya serasa dituntun langsung oleh Welly.

Disusun Oleh:
  1. M Maulana Dicky                    (26213029)
  2. Raden Radityotama Furqon      (27213098)
  3. Muhammad Sutrisna                 (25213783)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar